Selasa, 05 Februari 2013

Ban no 1 eat my dust

Rahasia Ban Drag Lebih Menyatu Dengan Aspal

Indonesia Drag - Balap adu urus ini adalah balap yang mengandalkan kecepatan untuk menembus catatan waktu terbaik, namun tidak hanya mesin dan jokinya saja yang berpengaruh, ban juga menjadi salah satu bagian yang sangat penting karena apabila terjadi selip saat melakukan start dapat berakibat terbuangnya waktu. Coba saja tengok catatan waktu yang didapat antara pemenang pertama dan kedua, bisa jadi selisih waktunya hingga seperseratus detik.

Bagaimana cara memaksimalkan ban drag tersebut? Ban yang melakukan perputaranlah yang harus diperhatikan karena ban tersebut sebagai tumpuan lajunya kendaraan. Semakin lengketnya ban dengan aspal semakin sedikit pula waktu terbuang.

Untuk motor, ban IRC Eat My Dust kabarnya adalah ban yang terbaik untuk dipakai di bagian belakang karena lebih banyak bagian yang menapak dapat mengurangi selip pada saat start. Namun tidaklah cukup hanya mengandalkan ban IRC ini, ban juga harus ditunjang dengan beberapa hal agar lebih melekat pada aspal.

Di dunia balap ada sebuah alat bernama Tire Warmer yang berfungsi sebagai pemanas ban agar suhu ban tetap stabil, alat ini cukup membantu agar permukaan ban tetap lembek. Selain itu, melumuri permukaan ban dengan bensol pada saat akan melakukan start juga dapat membantu melunakkan permuakaan ban agar lebih soft commpound.

Cara yang paling sering digunakan oleh para dragster adalah dengan melakukan burn out sesaat sebelum start agar permukaan ban lebih panas dan lebih lengket dengan aspal.

0 komentar:

Poskan Komentar