Rahasia Ban Drag Lebih Menyatu Dengan Aspal
Indonesia
Drag - Balap adu urus ini adalah balap yang mengandalkan kecepatan
untuk menembus catatan waktu terbaik, namun tidak hanya mesin dan
jokinya saja yang berpengaruh, ban juga menjadi salah satu bagian yang
sangat penting karena apabila terjadi selip saat melakukan start dapat
berakibat terbuangnya waktu. Coba saja tengok catatan waktu yang didapat
antara pemenang pertama dan kedua, bisa jadi selisih waktunya hingga
seperseratus detik.
Bagaimana
cara memaksimalkan ban drag tersebut? Ban yang melakukan perputaranlah
yang harus diperhatikan karena ban tersebut sebagai tumpuan lajunya
kendaraan. Semakin lengketnya ban dengan aspal semakin sedikit pula
waktu terbuang.
Untuk
motor, ban IRC Eat My Dust kabarnya adalah ban yang terbaik untuk
dipakai di bagian belakang karena lebih banyak bagian yang menapak dapat
mengurangi selip pada saat start. Namun tidaklah cukup hanya
mengandalkan ban IRC ini, ban juga harus ditunjang dengan beberapa hal
agar lebih melekat pada aspal.
Di
dunia balap ada sebuah alat bernama Tire Warmer yang berfungsi sebagai
pemanas ban agar suhu ban tetap stabil, alat ini cukup membantu agar
permukaan ban tetap lembek. Selain itu, melumuri permukaan ban dengan
bensol pada saat akan melakukan start juga dapat membantu melunakkan
permuakaan ban agar lebih soft commpound.
Cara
yang paling sering digunakan oleh para dragster adalah dengan melakukan
burn out sesaat sebelum start agar permukaan ban lebih panas dan lebih
lengket dengan aspal.
0 komentar:
Posting Komentar