Cara Setting Klep Yamaha New Vega R
Indonesia
Drag - Tarikan motor sangat berpengaruh dengan setelan klepnya, jika
tepat akan didapat tarikan optimal begitu juga dengan pembakaran
bensinnya, jika tidak tentu akan mengalami masalah-masalah seperti
tarikan tersendat, akselerasi lambat dan top speed yang tidak
seharusnya. Sekarang mari kita stel klep motor kita sesuai standar
pabrik dari Yamaha, sekaligus sedikit perubahan agar tarikan lebih
dashyat.
Kunci-kunci yang dibutuhkan:
- Kunci T ukuran 17
- Kunci Ring ukuran 8
- Kunci ukuran 24
- Tang
- Coin 500, ring baut besar untuk membuka baut gearbox
- Filler gauge
- Penahan mur klep
Pertama-tama
kita buka dulu dua buah baut plastik yang terletak disebelah kiri
girboks motor Vega R atau Jupiter Z. Yang kecil buka dengan koin 500
rupiah, yang besar buka dengan ring baut ukuran besar yang bisa dibeli
dibengkel-bengkel motor. Stelah terbuka siapkan kunci T ukuran 17.
Putar
baut yang ada didalam girboks berlawanan dengan putaran jarum jam,
rasakan torsinya ketika diputar. Tandanya adalah ada rasa berat, setelah
putaran ada rasa berat putar secara perlahan dan pastikan tanda TOP
pada lubang kecil yang tadi kita buka tepat pada posisinya, jika
kelewatan atau salah, putar lagi kearah berlawanan putaran jarum jam,
gunanya untuk memberikan ruang yang tepat bagi klep untuk distel.
Setelah
itu jangan diutak-atik lagi biarkan pada posisinya, jangan memutar ban
belakang. Kemudian buka tutup klep dengan kunci 24 yang sudah disediakan
maka akan terlihat klep yang biasa diutak-atik oleh mekanik dibengkel
resmi. Kini kita akan mencoba menyetelnya sendiri. Siapkan Filler gauge,
kunci ring 8 dan penahan baut klep.
Kendorkan
dahulu baut klep dengan kunci ring 8 setelah itu masukkan filler gauge
ukuran 0,05 lalu putar baut klep dengan kuncinya hingga terasa menekan
filler, dan coba tarik-tarik filler, jangan sampai terlalu kencang. Maka
kita sudah dapatkan ukuran klep sebesar 0,05 tapi kita akan menyetelnya
dengan ukuran standar pabrik yaitu antara 0,07 hingga 0,09 yang biasa
saya pakai adalah 0,08 Karena tidak ada ukuran 0,8 pada filler yang
biasa dijual kita terpaksa melakukannya dengan feeling saja. kendorkan
sedikit setelan tadi. dan coba masukkan filler ukuran 0,10 jika tidak
dapat masuk maka insya Allah udah dapat ukuran 0,08 atau 0,09 gunakan
feeling anda untuk mengira-ngiranya dan jika jika filler ukuran 0,05
terasa sedikit kendor dan yang ukuran 0,10 tidak dapat masuk. Maka
hasilnya sudah didapatkan sebesar 0,07 - 0,09. Setelah itu kencangkan
lagi dengan menahan baut klep dahulu sambil mengencangkan mur ukuran 8
tersebut hinga mengunci dan coba ulangi lagi, jika berubah ulangi lagi.
Untuk
klep keluar pastikan ukurannya lebih lebar 0,01 dari klep masuk. saran
saya jangan lebih dari 0,1 untuk mendapatkan suara yang tidak berisik
dan tarikan yang bagus. Serta tarikan atas yang tidak terlambat, karena
klep buang yang terlalu renggang dapat membuat tarikan atas loyo. Lagian
kalau terlalu lebar klep buangnya justru akan membuat tarikan atas loyo
namun akselerasi cepat.
Yang terbaik setelan klep adalah 0,07-0,08 untuk klep masuk dan 0,08-0,09 untuk klep keluar.
Setelah
itu pasang lagi semuanya sesuai kondisi semula, pastikan semua
terpasang dengan kencang dan tepat. Kemudian sesuaikan setingan gas
karburator dengan setelan klep. Putar grip gas setengah atau seperempat
putaran kemudian putar setelan gas karburator dengan arah berlawanan
putaran jarum jam sebesar antara 1 - 2 putaran kekiri. Setingan yang
tepat akan didapatkan ketika suara motor terasa terus naik ketika grip
gas ditahan. pada ukuran tertentu. Caranya coba putar kearah berlawanan
jarum jam setelah putaran gas karburator mentok dan gas motor hingga
seperempat kemudian tahan, dan rasakan hingga suara gas terus naik,
kemudian jika terasa turun maka setingan sudah didapat, tinggal putar
sedikit kearah kanan pada lengkingan suara yang paling tinggi tadi.
0 komentar:
Posting Komentar